Berita dan informasi wisata puncak
Serunya Berkemah (Camping) Bersama Keluarga

MEGAMENDUNG, HIGHLAND CAMP -  Camping atau berkemah bersama keluarga untuk mengisi liburan akan menjadi kegiatan yang sangat berkesan. Tidur di bawah tenda bersama-sama, bekerja sama untuk satu tujuan, dan lebih dekat dengan alam membuat liburan begitu seru.

Salah satu kegiatan pengisi liburan yang bisa para ibu lakukan bersama keluarga adalah camping (berkemah). Kegiatan yang di masa lalu kita lakukan saat masih duduk di bangku sekolah dalam kegiatan pramuka ini asyik. Tak kalah asyiknya jika camping atau Berkemah dilakukan bersama keluarga. 

Mengajak anak-anak untuk berkemah (camping) akan menjadi hal yang tak terlupakan bagi mereka. Apalagi jika selama ini liburan mereka sarat dengan jalan-jalan ke mal, menginap ke luar kota, atau mengunjungi wahana permainan.

Camping atau Berkemah biasanya dilakukan di dekat pegunungan, seperti di Highland camp yang berada di perbukitan Megamendung. berkemah dapat dilakukan juga di sekitar pantai atau di daerah perkebunan, Para ibu bersama keluarga bisa memilih lokasi perkemahan (camping ground) tersebut dengan mempertimbangkan faktor lokasi, keamanan, jarak dengan rumah, jarak dengan pusat kota, hingga pada kesukaan anak. Mengapa kesukaan anak? Orangtua mana sih yang tidak ingin membuat anaknya senang? Mengajaknya berkemah (camping) ke lokasi yang disukai tentu tidak akan membuatnya bosan.

Para ibu bisa mencari informasi di internet mengenai tempat-tempat yang biasa dijadikan sebagai lokasi perkemahan atau tempat camping ground. Apabila sudah mendapatkan lokasi yang pas di hati, para ibu bersama keluarga bisa mensurveinya terlebih dahulu. Jika yakin akan berkemah (camping) di sana, para ibu bisa mencari tahu tentang prosedur Berkemah (camping)  kepada pihak terkait. 

Apakah harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari, berapa biayanya, apa saja fasilitasnya, dan lain-lain. Fasilitas di sini terkait perlengkapan tenda, petugas keamanan, parkir kendaraan, dan juga MCK. Apabila semuanya telah beres dan tekad sudah bulat untuk camping di lokasi tersebut, para ibu bersama keluarga tinggal bersiap-siap dan berangkat camping sesuai dengan waktu liburan yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan jadwal camping.

Pengalaman berkesan dan tak terlupakan akan para ibu sekeluarga dapatkan dari kegiatan camping ini. Anak-anak pasti menyukainya. Saat bersama-sama mendirikan tenda sampai bisa berdiri dan tak roboh seluruh keluarga begitu senang. Kerja sama baik dari para ibu, ayah, dan anak-anak menjadi elemen penting hingga tenda bisa berdiri dengan kokoh. Lalu dengan melibatkan seluruh anggota keluarga, menata perlengkapan dan tas-tas yang penuh dengan barang bawaan dan perbekalan.

Aneka kegiatan bisa dilakukan saat ber-camping ini. Setelah masalah tenda beres dan barang-barang rapi, para ibu bersama keluarga bisa beristirahat di dalam tenda. Suasana kebersamaan diselingi celotehan anak-anak tentulah sangat mengasyikkan. Usai beristirahat, nikmatilah pemandangan di sekitar perkemahan yang menawarkan panorama yang menarik. Berjalan-jalan bersama keluarga berkeliling bumi perkemahan Highland camp bisa dilakukan. Hubungi keamanan atau penyelenggara sebelum meninggalkan tenda.

Di sekitar bumi perkemahan (camping ground) yang biasanya berada pada lingkungan pegunungan, pantai, atau perkebunan ini tentu sangat menarik. Sebagai contoh, jika lokasi camping di Highland camp, akan sangat indah berjalan-jalan sambil melihat indahnya hamparan hutan mini yang rimbun dan subur. Apalagi melihat semangat pemandangan ke arah gunung gede, gunung salak dan gunung pangrango. Hal ini akan menjadi pengalaman baru untuk anak-anak. Tak salah jika kegiatan camping membuat Anda sekeluarga dekat dengan alam. Asyik bukan? Para ibu bisa mencobanya bersama keluarga.

Sebelum ber-camping bersama keluarga, sebaiknya perhatikan barang bawaan para ibu sekeluarga. Beberapa perlengkapan ini tak boleh terlupa.

  1. Pakaian ganti; seluruh anggota keluarga harus menyiapkannya dan pastikan cukup dipakai selama kegiatan Berkemah (camping)  tersebut.
  2. Alas kaki yang nyaman berikut kaus kakinya; dalam hal ini pilih alas kaki yang memudahkan para ibu sekeluarga untuk beraktivitas. Sandal jepit lebih nyaman dipakai dalam Berkemah (camping) . Gunakan kaus kaki supaya hangat, karena udara dingin dengan mudah masuk ke tenda.
  3. Peralatan mandi secukupnya; bawalah peralatan mandi seperti sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan pembersih muka.
  4. Alat kosmetik sewajarnya; saat Berkemah (camping)  bukan berarti para ibu tak memakai bedak atau lipstik. Menggunakan kosmetik akan membuat penampilan para ibu tetap cantik dan menarik.
  5. Camilan dan air minum; bercanda bersama keluarga tak lengkap rasanya tanpa camilan. Jadi, bawalah camilan kesukaan keluarga untuk menemani kebersamaan di bumi perkemahan. Begitu juga dengan air minumnya, bawalah supaya para ibu sekeluarga tak kehausan.
  6. Selimut; udara dingin kapan saja bisa Anda rasakan. Membawa selimut hangat dari rumah bisa membuat tidur malam hari di tenda lebih nyaman.
  7. Senter; alat ini dapat membantu apabila lampu di tenda padam atau bisa digunakan sebagai penerang saat harus berkegiatan di malam hari yang gelap dan jauh dari lampu.
  8. Lotion pengusir nyamuk; di bumi perkemahan memang banyak nyamuk. Kalau tidak menggunakan lotion pengusir nyamuk, bisa jadi kulit para ibu sekeluarga bentol-bentol merah digigit nyamuk. Tak ada salahnya membawakannya untuk para ibu dan keluarga tercinta.
  9. Bantal; supaya leher tidak pegal dan tidur menjadi nyaman, tak ada salahnya membawa bantal.

Nah, siapkan barang bawaan tersebut untuk ber-camping bersama keluarga dan selamat camping di Highland camp.